Kekeringan Ide? Buka Pinterest Aja!


Assalamualaikum. Sobat, kamu mungkin sudah pernah mendengar Pinterest sejak lama tapi sama sekali belum menyentuhnya. Padahal Pinterest bukanlah sosial media biasa, melainkan sumur inspirasi untuk otak yang kekeringan ide!

Dulu awalnya bang manager sendiri berpikir bahwa Pinterest tak bedanya Flickr. Namun setelah mencobanya, aku langsung merasakan manfaatnya.

Btw, untuk mendaftar kita bisa menggunakan akun Facebook seperti Instagram. Kemudian sebelum mulai menjelajahi gambar, kita akan disuruh memilih minat. Mulai dari fashion, fotografi, musik, desain grafis, hingga yang kita butuhkan yaitu seni.

Nantinya daftar minat tersebut akan dijadikan patokan oleh Pinterest untuk memberikan rekomendasi yang tepat. Jadi setiap kali kita buka home/beranda, ide yang muncul adalah yang sangat sesuai dengan minat kita.

Nah, seandainya sewaktu-waktu kamu ingin membuat doodle untuk ucapan ulang tahun dan kebetulan otak sedang mampet. Kamu tinggal melakukan pencarian misalnya "birthday doodle" maka akan mucul ratusan ide menarik  seputar doodle bertema ulang tahun yang melancarkan otak.

Atau misalnya kamu sedang mendesain karakter komik dan macet di rambut, maka kamu tinggal ketik "anime hairstyles" dan beres. Kalau misalnya malah bingung menentukan pakaiannya, tinggal ketik "anime outfit" dan beres.


Kalau kamu sedang belajar cursive handwriting, kamu bisa juga mencari inspirasi disana, aku menemui banyak tutorial yang keren. Atau mungkin kamu sedang belajar typography, kamu bisa mencoba mencari "typography design" dan kamu akan terinspirasi.


Diluar gambar menggambar pun kamu bisa memanfaatkannya. Misalnya kamu memasak mie goreng biasa buat sang pujaan hati, cieh cieh (kalau punya).. dan pingin menyajikannya dengan spesial. Kamu tinggal cari "noodles plating ideas" dan beres.

Seseorang: Loh bukannya itu sama aja dengan Google Image Search?

Yeah, bisa dibilang mirip, tapi disini kamu akan dapat kemudahan:
  • Kamu akan dapat inspirasi yang update tiap menitnya di home. 
  • Hasil pencariannya juga akan sangat relevan dengan minat.
  • Kita bisa membuat board khusus untuk menyimpan ide-ide dalam satu folder.
  • Lebih penting lagi kita bisa mengunduh ide yang ingin disimpan dalam sekali klik. Mantap toh?

Oke deh. Bagi yang berminat kamu dapat membuka Pinterest dari komputer dengan alamat pinterest.com, atau memasang aplikasinya di smartphone. Namun harus ingat kuota ya, karena borosnya mendekati Instagram tapi tidak segila Flickr. 


Happy exploring!

Wassalamualaikum!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa komentar ya?