Arti Kata Bahasa Jepang dalam Grup Menggambar

Anime girl want to learning Japanese.
Assalamualaikum. Sobat, kalian mungkin sering mendengar kata-kata asing berbahasa Jepang di grup yang acap kali diucapkan oleh para member disana. Bagiku aneh sekali karena disaat kita hidup di Indonesia, tapi dikelilingi oleh bahasa asing. Tahukah kamu darimana kebiasaan ini bermula?

Kebiasaan ini bermula ketika website forum menggambar manga pertama di Indonesia didirikan, banyak membernya yang menggunakan salam ala Jepang, memanggil ala Jepang, memuji ala Jepang, dan bahkan menghina dengan bahasa Jepang pula. Kebiasaan ini semakin menyebar setelah grup anime yang merangkap menjadi grup menggambar semakin menjamur di jejaring sosial.

Sekedar cerita saja, aku dulu ada pengalaman buruk, dimana ketika aku tak mengerti kata Jepang, saat itu aku menanyakan artinya tapi malah dihina. Oleh karena itu, hari ini aku bersama kak Agito Souma yang cantik telah mengumpulkan istilah-istilah Jepang yang sering digunakan di grup menggambar beserta artinya, agar dapat sobat pelajari dan tidak mengalami kasus yang sama seperti bang manager. Yuk ah disimak.. 


Salam dan Ucapan Sehari-hari ala Jepang

Kata-kata berikutnya sangat umum digunakan ketika berinteraksi di ruang obrol (chat room), tapi pada beberapa kata yang biasa digunakan sebagai salam, aku biasa mengucapkannya setelah assalamualaikum (anak soleh gitu loh). Salam dalam agama apapun memang wajib diutamakan..

Salam kenal: Hajimemashite

Apa kabar: Ogenki desu ka/oikaga desu ka
Lama tak jumpa: Hisashiburi desu
Permisi (saya duluan): Shitsurei shimasu

Permisi (saat bertamu): Gomen kudasai
Maaf (telah) mengganggu (saat masuk ke rumah orang): Ojama shimasu/shimashita
Maaf merepotkan Anda:  Osewa ni narimasu
Selamat datang: Youkoso/irrasshaimase
Terimakasih atas kerjasamanya: Otsukare sama deshita
Saya duluan: Osaki ni

Tolong, mohon: Onegai shimasu
Maaf/permisi: Sumimasen
Terimakasih (banyak): (doumo) Arigatou gozaimasu
Sama-sama: Douita shimashite

Selamat pagi: Ohayou gozaimasu
Selamat siang: Konnichiwa
Selamat malam: Konbanwa
Selamat tidur: Oyasuminasai
Selamat tinggal: Sayounara
Sampai jumpa lagi: Dewa/jaa mata
Sampai ketemu lagi ya: mata ne

Selamat: Omedetou
Selamat ulang tahun: Otanjoubi omedetou
Selamat makan: Itadakimasu
Terimakasih atas hidangannya (setelah makan): Gochisou sama deshita

Saya berangkat: Ittekimasu
Silahkan berangkat (jawaban ittekimasu): Itterasshai
Saya pulang/kembali: Tadaima
Pulanglah (jawaban dari tadaima): Okaerinasai
Silahkan: Douzo

Panggilan Kehormatan ala Jepang

Kata-kata berikut ini penggunaanya diimbuhkan pada akhir nama orang yang ingin kita panggil. Misalnya: Bryan-san, Istiana-chan, dan lain sebagainya. 

Panggilan untuk guru: Sensei
Panggilan untuk senior atau mentor: Senpai
Panggilan untuk junior: Kohai

Panggilan untuk orang yang lebih tua: Sama atau san, tapi sama lebih sopan
Panggilan untuk orang sebaya: Kun (untuk laki-laki), chan (untuk perempuan) 

Pujian ala Jepang

Pada bagian ini masih belum lengkap. Kalau sobat tahu kata-kata yang lain, silahkan ditambah melalui kolom komentar..

Baik sekali: Kekkou desu

Hebat sekali!: Sugee!
Menakjubkan!: Sugoi!
Semangat!: Ganbatte ne!

Manisnya/imutnya: Kawaii na
Cantiknya: Kirei na

Hinaan ala Jepang

Berhubung aku takut nantinya disalah gunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab, aku mengurungkan niat untuk melengkapi daftar hinaan ala Jepang ini. Tapi, aku akan memberikan terjemahan untuk dua kata yang umum saja..

Bodoh: Baka yaro
Sialan: Kusso


That's it! Dengan daftar ini aku tidak mengharapkan ucapan tersebut semakin populer, harapanku hanyalah agar sobat pembaca bertambah wawasannya. Toh kenapa harus senpai kalau kita masih bisa menyebut kakak, kenapa harus kawaii kalau kita masih bisa menyebut imut atau unyu, kenapa harus arigatou gozaimasu kalau kita masih bisa menyebut terimakasih?

Yuk, mari kita cintai bahasa kita tercinta, Kalau bukan kita siapa lagi yang akan melestarikan bahasa Indonesia, ya nggak? Semoga daftar ini menambah wawasan sobat sekalian. Terimakasih.

Wassalamualaikum.








Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa komentar ya?